cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
ISSN : 23032375     EISSN : 25974521     DOI : https://doi.org/10.21009/JKKP
Core Subject : Education,
JKKP (Jurnal Kesejahteran Keluarga dan Pendidikan) provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and the novel technology news related to science of family welfare, education, entrepreneurship and hotel accommodation. Articles published in JKKP are articles that have not been published previously in other journals.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MATERI PELAYANAN AM ERICAN SERVICE PADA MATA KULIAH TATA HIDANG PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA Nazia Akmala; Nurlaila Nurlaila; Rusilanti Rusilanti
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (58.662 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.01

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online pada materi American Service pada matakuliah tata hidang. Metode yang digunakan adalah pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengujian dilakukan dengan mengumpulkan data pada mahasiswa pendidikan tata boga, dengan cara membagikan kuesioner. Diperoleh hasil pada media pembelajaran online oleh ahli media adalah sangat baik (4, 45), ahli materi adalah baik (4,00) dan uji lapangan adalah baik (3,69). Kesimpulan menunjukan bahwa melalui media pembelajaran online adalah memiliki kualitas baik dan dapat dipakai pada pembelajaran Tata Hidang.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI MAN 3 JAKARTA Hanum Suroyya
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.885 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.02

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar geografi melalui metode picture and picture pada siswa kelas X MAN 3 Jakarta Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan tatap muka melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer. Kondisi awal sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas, siswa yang tuntas hanya 18 orang dari 40 siswa atau 45%. Pada siklus 1 ditemui peningkatan hasil belajar hidrosfer menjadi 26 siswa yang tuntas atau 65%. Pada siklus 2 ketuntasan meningkat menjadi 35 siswa atau 88%. Kesimpulan penelitian tindakan kelas ini adalah metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar hidrosfer pada siswa kelas X-5 MAN 3 Jakarta. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar hidrosfer dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 44% sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 35%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar geografi secara keseluruhan dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 43%. Selain itu, hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan metode picture and picture dapat menumbuh- kembangkan rasa ingin tahu, sikap dan tindakan yang selalu berusaha untuk mengetahui secara mendalam dan luas dari apa yang dipelajari, dilihat dan didengar.
HUBUNGAN POLA ASUH MAKAN DENGAN STATUS GIZI USIA ANAK SEKOLAH DI SDN TELUK PUCUNG VI BEKASI Rita Anugra Indriyani
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.68 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.03

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dengan status gizi usia anak sekolah di sekolah dasar negeri Teluk Pucung VI, Bekasi. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan cross sectional. Sampel dari penelitian ini adalah murid kelas 4 dan 5 sekolah dasar Teluk Pucung VI, Bekasi dengan 174 jumlah sampel dari murid -murid dan (obstaind) adalah 67 murid, teknik pengumpulan sampel menggunakan sampel acak sederhana. Hipotesi dari penelitian menggunakan analisis (binary logistic regression). Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang siginifikan antara memelihara pola makan dengan status gizi anak. Data ini signifikan karena nilai p 0,006 < 0,05. Contoh nilai (B) pada variabel pola asuh makan 1,145 membuktikan bahwa semakin meningkat atau semakin baik pola asuh makan maka status gizi anak untuk menjadi lebih normal akan meningkat sebesar 1,145 kali
HUBUNGAN ANTARA PERNIKAHAN USIA REMAJA DENGAN KETAHANAN KELUARGA Rahayu Puji Lestari
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.674 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.04

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara pernikahan usia remaja dengan ketahanan keluarga. Penelitian dilakukan di wilayah Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Bekasi, selama bulan Juni 2015 hingga Juli 2015. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah pasangan suami/istri yang menikah pada usia remaja yaitu usi 12-21 tahun di wilayah Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi dan masih dalam ikatan pernikahan yang menikah pada bulan januari hingga bulan juni 2011. Sampel penelitian berjumlah 68 responden. Hasil uji normalitas data berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis yaitu uji signifikasn koefisien kolerasi adalah signifikan. Koefisien korelasi dengan menggunakan rumus korelas ional Lamda (la) menghasilkan = 0,2. Hasil hipotesis pada penelitian dan uji mengenai hubungan diperoleh bahwa terdapat hubungan antara pernikahan usia remaja dengan ketahanan keluarga di wilayah Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 4%. Hasil ini menunjukkan bahwa pernikahan usia remaja 4% mempengaruhi hasil ketahanan keluarga. Kemudian sisanya 96% ditentukan oleh variabel lain.
STUDI KOMPARASI PERBANDINGAN DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BULLYING REMAJA Novia Maya Arista
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.107 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.05

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dampak media sosial terhadap perilaku bullying remaja pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 dan SMK YKTB 1 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 2 dan SMK YKTB 1 Bogor. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Multistage Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 254 orang yang terdiri dari 174 siswa di SMK Negeri 2 dan 80 Siswa di SMK YKTB 1. Dimensi pada media sosial dilihat berdasarkan aspek peran media sosial dan dampak media sosial sedangkan pada dimensi perilaku cyberbullying dilihat berdasarkan aspek bullying verbal dan bullying mental/psikologis. Hasil uji normalitas pada penelitian ini menunjukkan data dampak media sosial dan perilaku cyberbullying di SMK Negeri 2 dan SMK YKTB 1 pada penelitian ini berdistribusi normal dan hasil uji homogenitas menunjukkan data berdistribusi homogen.Hasil pengujian statistik menggunakan Anova satu arah didapatkan Fhitung sebesar 14,9 sedangkan Ftabel dengan taraf kesalahan 0, 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan antara dampak media sosial terhadap perilaku bulying pada SMK Negeri 2 dan SMK YKTB 1.
PENGARUH SUMBER BELAJAR DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Septi Mulyanti Siregar; Tarma Tarma; Shinta Doriza
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (136.019 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.06

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bogor. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Bogor pada bulan Maret - Mei 2015 menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasi. Adapun jumlah sampel sebanyak 177 orang yang terbagi dalam lima kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen penelitian ini yaitu sumber belajar dalam keluarga dan variabel dependen yaitu hasil belajar prakarya. Data hasil belajar didapat dari dokumentasi hasil rata-rata ulangan harian siswa yang merupakan data sekunder. Data sumber belajar dalam keluarga didapat melalui kuesioner yang diisi oleh respon den. Data tersebut kemudian diuji validitas dan realibilitas, lalu di analisis melalui teknik regresi sederhana. Hipotesis diuji dengan signifikan pada 0,05 margin of error menggunakan t-test dan analisis varians (ANOVA). Maka hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y = 50,736 + 0,291X. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan sumber belajar dalam keluarga terhadap hasil belajar.
PERBANDINGAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK PADA SISWA SMP DI PEDESAAN DAN PERKOTAAN Usfatun Juliana
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.261 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.07

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingk an tingk at pengetahuan siswa SMP pedesaan dan perk otaan tentang bahaya merok ok di wilayah Kabupaten Bek asi. Penelitian ini menggunak an metode desk riptif k uantitatif dengan pendek atan survei. Sampel diperoleh dari siswa SMP N 3 Babelan sebanyak 200 siswa dari total 402 populasi serta dari SMP Negeri 1 Babelan sebanyak 200 siswa dari 395 siswa. Tek nik Pengambilan sampel menggunak an metode nonprobability sampling dengan menggunak an multistage sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 200 siswa dari masing-masing sek olah. Aspek pengetahuan diambil pada tingk at k ognitif berdasark an teori bloom edisi revisi. . Analisis data menggunak an uji beda dengan rumus ANOVA satu arah dengan alpha (α) 5%. Hasil Fhitung = 2.9639 dengan hasil lebih tinggi pada siswa SMP di perk otaaan dibanding area pedesaan, sehingga dapat disimpulk an bahwa pengetahuan siswa SMP mengenai bahaya merok ok diperk otaan lebih tinggi dibanding di pedesaan di area k abupaten Bekasi.
PENUMBUHAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MELALUI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Siti Istianingsih
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.175 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.08

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan program penumbuhan budi pekerti siswa sekolah melalui implementasi kurikulum 2013. Latar belakang dari program penumbuhan budi pekerti adalah masih terabaikannya implementasi nilai -nilai dasar kemanusiaan yang berakar dari Pancasila. Serta masih terbatas pemahaman nilai dalam tataran konseptual, belum terwujud menjadi nilai aktual dengan cara yang menyenangkan di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Pada implementasi kurikulum 2013, penumbuhan budi pekerti pada siswa sekolah dapat dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakulikuler dan nonkurikuler. Peranan guru dalam penumpuhan budi pekerti di sekolah sangat diharapkan sebagai contoh keteladanan siswa untuk membiasakan diri dalam bersikap dan berperilaku yang baik sesuai dengan tatanan dan nilai -nilai luhur budaya dan pancasila.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POLA ASUH KECERDASAN MORAL ANAK BERBASIS VIDEO Nida Ansadena; Tarma Tarma; Shinta Doriza
JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) Vol 2 No 2 (2015): JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan)
Publisher : Family Welfare Education Study Program, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.034 KB) | DOI: 10.21009/JKKP.022.09

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menghasilkan sebuah produk video pembelajaran pola asuh kecerdasan moral anak dengan tujuan untuk, 1) menambah minat belajar orang tua khususnya yang tidak mengenyam pendidikan formal tentang pola asuh hingga jenjang perguruan tinggi; 2) menambah pengetahuan tentang pola asuh kecerdasan moral anak usia 4-6 tahun kepada orang tua yang tidak mengenyam pendidikan formal tentang pola asuh hingga jenjang perguruan tinggi; 3) dijadikan informasi dan referensi bagi orang tua, pendidik/penyuluh, mahasiswa dan dosen untuk memanfaatkannya dalam proses pembelajaran agar lebih efektif. Video pembelajaran ini dikemas dalam bentuk Dolby Digital Video (DVD) yang dapat dijadikan sumber belajar alternatif baik dalam pembelajaran kelompok maupun individu. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, yang memiliki 10 tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, desain produk, ujicoba tahap awal, revisi produk utama, ujicoba lapangan utama, revisi lapangan operasional, ujicoba lapangan operasional, revisi final, dan mengimplementasikan dan mendesiminasikan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 10 orang tua pada ujicoba tahap awal, lalu 30 orang tua pada ujicoba lapangan utama kemudian 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 80 orang tua pada ujicoba lapangan operasional. Setelah melewati 3 tahap ujicoba produk, hasil penelitian menyatakan bahwa video pembelajaran pola asuh kecerdasan moral anak usia 4-6 tahun efektif dalam menarik motivasi orang tua untuk belajar dan membantu orang tua meningkatkan pengetahuan mengenai pola asuh kecerdasan moral anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2015 2015